Kemendikbudristek Kembali Membuka Beasiswa Unggulan 2021

Puslapdik- Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan Tahun 2021. Beasiswa untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral tersebut mulai menerima pendaftaran pada tanggal 1 Juli sampai dengan 15 Agustus 2021.

Ada empat jenis beasiswa yang ditawarkan melalui beasiswa unggulan ini, yakni:

 

Beasiswa bagi masyarakat berprestasi.

Beasiswa ini ditujukan bagi siapapun masyarakat Indonesia yang mempunyai prestasi di bidang akademik atau nonakademik, baik di tingkat internasional dan/atau nasional. Beasiswa juga diberikan bagi masyarakat Indonesia yang mempunyai aktivitas yang berkontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang.

 

Beasiswa bagi pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Beasiswa ini diberikan kepada semua aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi Pusat dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah yang diusulkan oleh diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja.

 

Beasiswa bagi penyandang disabilitas

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, atau disabilitas sensorik.

 

Beasiswa penghargaan

Beasiswa ini diberikan kepada anak kandung dari orang tua yang gugur dalam menjalankan tugas atau pengabdian pada negara. Calon penerima beasiswa ini diusulkan oleh pejabat setingkat kepala staf tentara nasional Indonesia.

 

 

Hanya perguruan tinggi dalam negeri

Namun, di tahun 2021 ini, beasiswa diberikan hanya untuk tujuan perguruan tinggi di dalam negeri. Calon penerima beasiswa unggulan harus telah diterima pada Program Studi dan Perguruan Tinggi minimal akreditasi B yang terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Untuk mengetahui perguruan tinggi yang dimaksud silakan klik di sini. 

Beasiswa ini membuka peluang bagi mahasiswa baru yang masih duduk di semester I atau mahasiswa aktif maksimal semester III angkatan tahun 2020, baik di jenjang sarjana, magister, atau doktoral.

Untuk calon mahasiswa penerima beasiswa unggulan jenjang sarjana dari masyarakat berprestasi, saat pendaftaran harus menulis essai dengan topik “Aku generasi unggul kebanggaan bangsa Indonesia”. Sedangkan untuk jenjang magister dan doktoral serta penyandang disabilitas, harus membuat tulisan terkait aktivitas atau kegiatan yang sudah dilakukan dan bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Bagi yang berminat untuk memperoleh beasiswa ini dan ingin mengetahui berbagai persyaratannya, silakan klik di sini.


Bagikan ke: